Rabu, 03 April 2013

Contoh Kasus Manusia dan Kebudayaan

Jejak Kisah di Sepiring Makanan




Di balik sepiring hidangan terekam serangkaian jejak kisah, mulai dari perdagangan, migrasi manusia, penaklukan, hingga peperangan. Jelajah Kuliner Nusantara 2013 mencoba merangkai penggalan-penggalan kisah di Nusantara lewat kekayaan kulinernya.

Dua puluh piring masakan disajikan di meja makan Rumah Makan Delima Baru, Aceh Besar. Ada kari itik, sie reboh, eungkot paya (semacam kari ikan air tawar), sup kambing, ikan keumamah (sejenis ikan kering), ayam tangkap, dan lainnya. Aroma rempah langsung melayang ke udara dan menggedor nafsu makan siapa saja yang menghirupnya.
Kari itik yang diletakkan di tengah meja menarik perhatian. Kuahnya yang coklat kemerahan menjanjikan kelezatan. Pedas dan hangatnya rempah terasa di setiap lelehan kuah. Dalam sekejap, sepiring kari itik itu tandas.



Di sebelah kari itik ada sie reboh atau daging asam yang dimasak dengan kuah blangong. Itu juga semacam kari. Masakan itu tidak menggunakan santan, tetapi kelapa gongseng yang gurih dan kelapa kukur. Seperti kari itik, kuah blangong yang merah dan berlemak itu kaya rasa rempah yang berpadu dengan gurih dan asam sie reboh. Siang itu, kami benar-benar berpesta dengan 20 piring masakan Aceh yang mewah.
Dua puluh piring masakan bisa berarti dua puluh cerita. Kari itik dan kuah blangong yang dihidangkan rumah makan itu segera mengingatkan kita pada jejak panjang India di Nusantara. Lewat persentuhan dengan orang India-lah bumbu kari merembes ke Nusantara, lantas menjadi bagian kuliner kita.

Ian Burnet dalam Spice Island (2011) menyebutkan, pada periode 50 SM-96 SM, para pelaut India, khususnya dari kawasan Tamil, berlayar ke Timur untuk mencari produk-produk penting, seperti emas, batu permata, gaharu, kayu manis, merica, cengkeh, lada, tanduk badak, dan gading gajah, untuk diperdagangkan di Pelabuhan Alexandria, Mesir. Dari situ, rempah menyebar ke Jazirah Arab dan Eropa, terutama Romawi.

Dalam pelayarannya ke Timur, pelaut India mendarat di pantai-pantai tidak dikenal di Asia Tenggara, termasuk Sumatera bagian utara. Mereka menembus hutan untuk bertemu penduduk yang menetap di dataran tinggi dan merayu agar penduduk mau menjual produk yang mereka cari. Proses itu memerlukan waktu bertahun-tahun. Selama periode itu, mereka dipaksa menetap di delta-delta subur yang mereka masuki dan kawin dengan gadis setempat (Bernard Philippe Groslier, 2011).

Semua itu menghasilkan peleburan total sehingga kebudayaan India, termasuk tradisi kulinernya, tertanam di Semenanjung Melayu dan juga di Pulau Sumatera, termasuk Aceh. Dari situ, antara lain, lahir kari dalam bentuk dan citarasa baru yang berbeda dengan kari di negeri asalnya.

Imperialisme

Karena letak Nusantara berada di jalur perdagangan dunia, khazanah kuliner Nusantara juga dipengaruhi kebudayaan asing seperti China, Arab, dan belakangan Eropa. Selain perdagangan, penjajahan juga merembeskan banyak pengaruh pada khazanah kuliner dunia. Felipe Fernandez-Armesto dalam History of Food bahkan berani mengatakan, ”Tidak ada sumber lain yang bisa memengaruhi makanan lebih kuat daripada imperialisme.”

Imperialisme telah mendorong orang-orang Barat untuk datang ke negeri-negeri yang menjadi sumber komoditas penting, termasuk rempah di Nusantara. Imperialisme juga mendorong migrasi manusia lewat perbudakan dan perburuhan. Dari situlah tradisi kuliner menyebar dari satu tempat ke tempat lain.

Namun, proses di atas tidak selalu satu arah. Penjajah tidak hanya memengaruhi khazanah kuliner di negeri jajahannya, tetapi juga sebaliknya. Rempah-rempah yang dibawa para penjajah dari daerah jajahan di Timur memberikan rasa tajam sekaligus aroma harum pada kuliner mereka yang hambar. Bahkan, Belanda mengadopsi secara utuh beberapa kuliner Nusantara dan menamainya denganrijsttafel.

Selain pengaruh dari luar, tentu saja khazanah kuliner juga dipengaruhi kondisi lokal, mulai dari lingkungan, sistem kepercayaan, budaya, ekonomi, hingga politik. Penny van Esterik dalam Food Culture in Southeast Asia menjelaskan berbagai kontras yang membentuk masyarakat Asia Tenggara, termasuk Indonesia, yakni pesisir-pedalaman, dataran tinggi-dataran rendah, makan nasi-makan umbi, sawah-ladang, dan istana-desa. Kontras-kontras itu membentuk budaya makan yang berbeda.

Hal itu sekaligus juga menegaskan bahwa makanan adalah produk kebudayaan. Makanan dan kebudayaan tidak bisa dipisahkan sebab makanan berjalan seiring-sejalan dengan perkembangan kebudayaan manusia mulai zaman ketika manusia belum mengenal api hingga ketika manusia gandrung memasak dengan teknik molekuler seperti sekarang.

Jelajah kuliner

Begitulah, membicarakan kuliner tidak bisa berhenti pada apa yang terhidang di atas meja makan semata. Kita harus membicarakan pula kebudayaan tempat makanan itu muncul dan tersebar. Lewat Jejak Kuliner Nusantara (JKN) 2013—sebuah liputan ekstensif yang digelar Kompas—kami mencoba menggali narasi kuliner Nusantara.

Liputan akan dilakukan setidaknya di 15 provinsi selama tahun 2013. Laporan JKN akan dimuat dalam versi berbeda di Kompas Multimedia, Kompas.com, dan Kompas TV.

Lewat liputan ini, kekayaan kuliner Nusantara akan diposisikan sebagai ”buku besar”. Jejak peristiwa yang dialami Nusantara dan memengaruhi khazanah kulinernya bisa kita baca.


Tanggapan :
Kebudayaan masyarakat indonesia bukan hanya tercermin dari peninggalan barang-barang kebudayaannya saja tapi juga dari keanekaragaman kuliner atau makanannya. Setiap daerah mempunyai makanan khas daerahnya masing-masing dengan cita rasa,bentuk,aroma serta bumbu bumbunya yang berbeda. setiap makananan kuliner nusantara mempunyai cerita sendiri dibaliknya termasuk pengaruh negara-negara lain dari proses terbentuknya kuliner tersebut. seperti india,china,arab dan eropa.

Sayangnya kaum muda sekarang kurang mengetahui dan memperhatikan kuliner nusantara tersebut, hal ini disebabkan oleh kurangnya sosialisasi dari media dan juga sikap masa bodo kaum muda. sekarang makanan fast food lebih di gemari mereka memasang iklan dan media dipenuhi dengan hal-hal seperti itu. Rasanya saya bilang memang enak tapi penyakit sangat dekat dengan yang namanya fast food, mungkin salah satu alasan mengapa masakan kuliner mulai ditinggalkan karena proses pembuatannya yang lama sedangkan di dunia yang serba sibuk seperi ini semua orang ingin hal yang instan.

Bagaimanapun sebagai kaum muda tentu seharusnya menghargai makanan kuliner asli indonesia karena hal itu termasuk peninggalan kebudayaan negara kita melihat di balik cerita dari makanan kuliner tersebut. betapa bangganya kita bila kita terus melestarikan kebudayaan negara kita termasuk dalam soal kuliner makanan.


sumber : - http://travel.kompas.com/read/2013/03/27/08002119/Jejak.Kisah.di.Sepiring.Makanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar