Rabu, 01 April 2015

Kehebatan Bahasa Indonesia di Mata Dunia (Tulisan Bahasa Indonesia 2)

Kehebatan Bahasa Indonesia di Mata Dunia

Indonesia memiliki bahasa resmi yaitu, bahasa Indonesia, yang bisa anda gunakan di berbagai wilayah di Indonesia, karena seperti yang kita tahu bahwa Indonesia mempunyai wilyah yang beranekaragam, dan di dalamnya ada beberapa kebudayaan dan bahasa daerah yang sangat berbeda dengan wilayah lainnya. Untuk negara tetangga kita Malaysia mempunyai bahasa melayu yang kata - katanya hampir sama dengan bahasa Indonesia, akan tetapi ada beberapa kata yang sangat tidak sama baik itu artinya atau juga pelapalannya dengan bahasa Indonesia, akan tetapi apakah anda tahu beberapa fakta yang terbaru dari bahasa resmi kita yaitu, bahasa Indonesia. Nah dibawah ini ada beberapa faktanya khusus untuk anda yang suka dengan Indonesia negara dan tanah kita.

1. Bahasa Yang Paling Banyak Digunakan
Ternyata pelajaran bahasa Indonesia tidak hanya di pelajari di Indonesia saja, akan tetapi beberapa negara ada juga yang mempelajar bahasa Indonesia. Percaya atau tidak Bahasa Indonesia sudah digunakan di 45 negara di dunia, salah satunya adalah Australia, Jepang, Vietnam, Mesir, dan Italia. Dan akibat hal tersebut bahasa Indonesia menempati peringkat ke 10 dalam hal bahasa yang paling banyak di pelajari di berbagai negara yang ada di dunia ini.

2. Bahasa Paling Populer di Australia
Ketika anda pergi ke negara tetangga kita australia, jangan aneh ketika anak kecil akan menyapa anda dengan selamat pagi atau juga selamat malam, jika mereka tahu bahwa anda adalah orang Indonesia. Hal tersebut bisa terjadi lantaran bahasa Indonesia telah menjadi bahasa paling populer keempat di negara kangguru tersebut. Tidak hanya itu, di Australia sendiri ada beberapa universitas yang menyediakan jurusan bahasa Indonesia, dan dengan hal tersebut membuat negara ini menjadi salah satu negara yang paling populer mengembangkan bahasa Indonesia.

3. Pusat Studi Indonesia ada di Afrika
Salah satu negara yang ada di benua afrika yaitu, mesir tercatat adalah negara yang paling mempopulerkan atau mengembangkan bahasa Indonesia. Negara piramid ini sedang mendalami bahasa Indonesia dengan lengkap dan teliti, sampai - sampai di negara mesir sudah di bangun Pusat Studi Bahasa Indonesia. Tempatnya berada di Suez Canal University, dengan begitu negara mesir bisa lebih mendalami Indonesia dari semua aspek, mencakup ideologi, politik, sosial dan budaya, ekonomi dan pertahanan keamanannya.

4. Menjadi Bahasa Pilihan di Situs Klub Sepak Bola
Untuk anda yang menyukai olahraga yang merakyat ini yaitu, sepak bola mungkin anda sudah mengetahui bahwa beberapa website resmi dari klub terkenal seperti Juventus, Intermilan, dan AC Milan. Telah bisa di akses dengan bahasa Indoensia. Hal tersebut menunjukan bahwa negara Itali juga memiliki minat mendalam terhadap bahasa Indonesia.

5. Bahasa Yang Lama ada di Jepang
Di negara surganya Anime ini bahasa Indonesia sudah lama ada dan juga sudah lama di pelajari oleh beberapa masyarkat Jepang, selain itu di beberapa wilayah di Jepang sudah ada pusat - pusat studi bahasa Indonesia, dan salah satunya adalah Nihon-Indonesia Gakkai atau Perhimpunan Pengkaji Indonesia Seluruh Jepang tahun 1969. Sama seperti yang terjadi di Australia, universitas - universitas yang ada di Jepang sendiri sudah membuka jurusan khusus untuk bahasa Indonesia, beberapa dari universitas tersebut adalah Universitas Kajian Asing Tokyo, Universitas Tenri, Universitas Kajian Asing Osaka, Universitas Sango Kyoto, dan Universitas Setsunan.

6. Bahasa Yang di Prioritaskan di Vietnam
 Fakta unik yang terakhir ini mungkin belum banyak orang yang tahu, di negara Vietnam bahasa Indoenesia adalah bahasa kedua dari bahasa resmi negara tersebut. Status bahasa Indonesia di vietnam sama dan sejajar dengan bahasa Inggris, Perancis dan Jepang sebagai bahasa resmi yang diprioritaskan. Hal ini menandakan bahwa negara Vietnam adalah negara kedua pengguna bahasa Indonesia, setelah negara Indonesia sendiri. 

7. Wikipedia Bahasa Indonesia Peringkat ke 3 di Asia
Wikipedia adalah salah satu website yang cukup banyak pengunjungnya dan sudah terkenal cukup lama, di sana banyak sekali ilmu entah itu sejarah atau juga sains yang bisa membuat kita lebih tahu banyak. Cocok sekali bagi para mahasiswa atau juga siswa yang sedang sekolah dan kuliah untuk menambah ilmunya, dan ternyata wikipedia berbahasa Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia, yang membuat 3 terbesar di asia setelah wikipedia Jepang dan Mandarin. Hal tersebut tidak terlepas dari para masyarakat Indonesia yang banyak mengupload artikel ensiklopedia pada wikipedia.
Nah bagaiamana beberapa fakta yang belum banyak orang tahu seputar bahasa yang setiap harinya kita digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain di negara kita tercinta Indonesia. Banyak orang yang mengeluh dengan negara kita ini, akan tetapi ada beberapa aspek yang bisa kita banggakan dari negara kita ini, salah satunya bahasa kita yaitu, bahasa Indonesia. Sepatutnya kita harus menjaga bahasa kita agar tidak di ambil oleh negara lain atau juga hilang dan rusak di kemudian hari ketika cucu kita lahir di tanah air Indonesia.




sumber : http://satu-1-satu.blogspot.com/2014/03/kehebatan-bahasa-indonesia-di-mata-dunia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar