Kamis, 16 Mei 2013

Contoh Kasus Manusia dan Tanggung Jawab

Masalah Pendidikan Nasional jadi Tanggung Jawab Bersama




JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Melani Leimena Suharli mengingatkan tentang jasa besar Ki Hajar Dewantara bagi pendidikan nasional. Sebab, berkat Ki Hajar Dewantara pula pendidikan nasional yang dikembangkan berbasis  budi-pekerti dan nilai-nilai kejujuran.

Karenanya Melani mengatakan, momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini harus jadi pintu masuk bagi seluruh pemangku pendidikan untuk membenahi pendidikan nasional. “Jika ada kekurangan atau kelemahan, maka kewajiban kita semua untuk segera membenahinya,” katanya di Jakarta, Kamis (2/5). 


Dikatakannya, pendidikan merupakan pondasi bagi setiap warga negara untuk maju dan berkembang. Karenanya, pendidikan menjadi kunci kemajuan suatu bangsa. “Hanya bangsa yang peduli dan terus mengembangkan pendidikan yang mampu menguasai tantangan masa depan,” katanya.


Politikus Partai Demokrat ini menambahkan, masih banyak persoalan yang mengiringi dunia pendidikan di Indonesia. Tapi, pemerintah sangat serius menanggulanginya dengan mengalokasikan anggaran terbanyak di APBN untuk pendidikan.
"Ini merupakan kebijakan politik pemerintah Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang harus terus didukung demi kemajuan Indonesia," ujar Melani.


Menyikapi kisruh pelaksanaan Ujian Nasional (UN) maupun pro-kontra penerapan Kurikulum 2013, Melani menyarankan Mendikbud agar mempertimbangkan kondisi masyarakat di 34 provinsi. “Saya berharap masalah UN dan kurikulum 2013 bisa diselesaikan dengan baik, sesuai saran Presiden SBY bahwa tidak ada keinginan untuk memaksakan kurikulum 2013, selain untuk menyongsong perubahan zaman yang semakin maju dan canggih,” harap Melani.(fas/jpnn)



Tanggapan :
Menurut saya masalah pendidikan nasional memang merupakan tanggung jawab bersama tetapi tanggung jawab pemerintah merupakan sesuatu hal yang sangat penting di dalam masalah pendidikan nasional bangsa kita. walaupun pemerintah mengalokasikan anggaran untuk pendidikan cukup besar tapi kenyataanya tidak sesuai dengan yang ada, banyak sekolah yang tidak layak di pakai bahkan kekurangan tenaga pengajar.

Masalah ketidaklayakkan sekolah di negara kita sudah sangat parah bahkan sering kejadian-kejadian yang tidak mengenakkan terjadi seperti atap roboh,kebanjiran, dll dan menimbulkan korban, guru-guru di daerah tidak mendapat upah sesuai dan mengajar lebih dari waktu ditentukan dan semua mata pelajaran.

Oleh sebab itu pemerintah harus lebih serius menangani hal ini benar pernyataan bahwa bangsa yang maju terlihat dari kualitas pendidikannya, dengan SDM yang berpindidikan bangsa kita tentunya akan maju dan disegani oleh bangsa lainnya. semoga pendidikan di negara kita bisa membuat perubahan dan pembenahan menuju bangsa yang maju dan berpendidikan.

sumber : - http://www.jpnn.com/read/2013/05/02/170195/Masalah-Pendidikan-Nasional-jadi-Tanggung-Jawab-Bersama-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar