Rabu, 23 Januari 2013

Contoh Kasus Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan

800 Radio Dibagikan Kepada Warga Pedesaan di Purbalingga



PURBALINGGA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah segera membagikan 800 unit radio kepada masyarakat terutama di wilayah pedesaan. Radio tersebut diharapkan dapat menjadi saluran mengampanyekan program di bidang seni dan budaya.
Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko, Selasa (22/1) mengatakan, melalui persetujuan DPRD pada anggaran tahun 2013 telah dianggarkan pembelian radio transistor sebanyak 800 buah untuk dibagikan kepada sejumlah kelompok informasi masyarakat yang ada di wilayah pedesaan.
"Selain sebagai sarana hiburan radio merupakan media komunikasi untuk melestarikan seni budaya khususnya seni karawitan. Karena radio merupakan media efektif untuk menyebarluaskan acara seni budaya sosial kemasyarakatan ke pelosok wilayah," ujarnya.
Menurut Heru, mendengarkan radio juga ada seninya tersendiri. Seni mendengarkan radio itu, lanjutnya, sama juga dengan seni imajinasi.
"Contohnya mendengarkan wayang kulit, wayang orang. Apabila masyarakat mendengarkan wayang dan sejenisnya melalui radio pasti akan membayangkan tokoh yang diperankan baik itu tokoh berperawakan cantik atau rupawan. Seni membawa keindahan, dengan seni hidup akan lebih indah," jelasnya.
Heru juga mengatakan, pemkab melalui bagian Humas dan dan sejumlah instansi terkait lain, berencana akan mengintesifkan kembali acara dialog interaktif dengan masyarakat yang dalam beberapa bulan lalu sempat tidak "mengudara". Bagaimana masyarakat akan tahu program-program serta keberhasilan pemkab dalam membangun, sedangkan medianya saja terbatas.
"Untuk itu pemkab akan membagikan 800 buah radio transistor kepada sejumlah kelompok informasi masyarakat yang ada di wilayah Purbalingga," tambahnya. 



sumber :
http://regional.kompas.com/read/2013/01/22/17274764/800.Radio.Dibagikan.Kepada.Warga.Pedesaan.di.Purbalingga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar