Kamis, 02 Juli 2015

Sejarah Helm Dari Masa Ke Masa (Tulisan Bahasa Indonesia 2)

sejarah helm dari masa ke masa
Waktu Gottlieb Daimler bikin motor tahun 1885, orang zaman itu belum kepikiran bikin helm. Maklumlah, motornya juga nggak kenceng, masih sangat slowly, he..he. Diantara tahun 1931 sampai 1953, motor-motor bermunculan. Karena semakin cepat, banyak sekali kasus cidera kepala saat mereka riding. Nah, dari situlah kepikiran bikin sesuatu yang melindungi kepala alias mampu menyerap energi benturan. Inilah sejarah helm dari masa ke masa
Akhir abad ke-19 dan Awal Abad 20
Sejarah helm dari masa ke masa sebenarnya helm belum pernah terpikirkan. Lihat contohnya pada pembalap T.Tessier dengan motor Inggris BAT 1903. Ia belum memakai helm, tapi hanya topi kain saja.
Era 40-an
Di era perang, misalnya PD I dan II, pelindung kepala untuk motoris memang sudah ada. Misalnya snoopy headdari kulit dan kacamata motor (goggle) untuk prajurit sekutu di motor-motor The Forty Five (HD 750 cc). Mulailah sejarah helm dari masa ke masa.
Untuk sipil, pelindung kepala juga terlihat. Simak foto tiga penungang Triumph 350 cc 3TAI dan Tiger Cup 199 cc T20. Helm mereka unik khan?   
Era 50-60-70an
Kalau sekarang dianggap model retro. Kekuatannya ada pada helm  half face seperti yang suka dipakai properti film macam Easy Riders atau Hells Angels 69. Bergaya minimalis dan dibuat beberapa pabrikan ternama semisal Davida tipe Speedster Helmet, Retroclassic dan banyak lagi.   Nah, sekarang ini, helm semakin canggih dan mampu melindungi kepala secara maksimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar